Selasa, 29 November 2011

Pengertian Dan Jenis Monitor

Jenis-jenis Monitor

Terdapat 2 jenis unit monitor yang biasa digunakan untuk komputer yaitu :
  1. Layar monitor berbentuk pipih atau sering disebut monitor Kristal cair (liquid crystal display – LCD), yang kebanyakan digunakan pada komputer notebook, namun saat ini juga sudah dipakai untuk PC.

  • Jenis LCD biasa, berteknologi model penyinaran belakang (backlit) dan penyinaran samping (sidelit)
  • LCD TFT (thin film transistor) atau matriks aktif, setiap pisel dikendalikan oleh satu transistor.
LCD
LCD TFT

2. Layar monitor tabung atau disebut CRT (cathode ray tube) bentuknya seperti layar televisi yang digunakan untuk komputer jenis desktop atau PC. Monitor CRT jenisnya monokrom dan warna. Monokrom warna yang paling popular adalah hijau, kuning, dan putih. Setiap piksel terdiri dari satu dot (titik), sehingga memberikan image lebih tajam. Sedangkan monitor warna, warna monitor ditentukan oleh warna fosfor pada layar CRT. Setiap piksel terbentuk dari tiga titik. Monitor monochrome mempunyai fosfor warna tunggal (putih).
MONITOR CRT

Monitor warna menggunakan gabungan tiga fosfor berwarna merah, hijau dan biru (Red, Green dan Blue). Gabungan tiga fosfor membentuk satu piksel, maka terdapat tiga pancaran bagi tiga warna yang menembak dengan kekuatan-kekuatan lain untuk membentuk warna-warna yang lain.

Read more: Jenis-jenis Monitor | Kumpulan Istilah http://www.kumpulanistilah.com/2011/08/jenis-jenis-monitor.html#ixzz1f6VROUfW

0 komentar:

Posting Komentar